WANITA LANSIA INI RUTIN IKUT KERAMASAN MASSAL SETIAP TAHUN

FOTO: Nampak tersenyum ceria wanita Lansia ini saat mengikuti tradisi keramasan massal

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Keramas Massal merupakan tradisi turun temurun warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, menjelang Bulan Suci Ramadhan. Acara tersebut jadi salah satu wujud syukur warga yang bermukim di pinggir Sungai Cisadane, Kota Tangerang. Warga bersama-sama bersihkan badan, bersihkan diri, dan berbahagia hati menyambut datangnya Ramadhan.

Peserta keramas massal ini biasanya diikuti mulai dari anak-anak hingga dewasa dengan menggunakan merang sebagai shampoo nya. Setiap tahun kegiatan ini mampu mencuri perhatian warga Kota Tangerang khususnya, juga para pengguna jalan yang secara kebetulan melintas di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kota Tangerang.

Saat kegiatan berlangsung, ribuan pasang mata tertuju pada kedua wanita lanjut usia (lansia) yang nampak tersenyum penuh keceriaan sembari bergandengan tangan. Kepada Satelitkota.com, kedua lansia ini mengaku sahabat semasa kecil. Keduanya juga mengaku selalu hadir dalam kegiatan yang dilaksanakan setahun sekali.

“Iya senenglah ketemu temen, dari kecil kita emang berdua terus,” kata salah satu wanita lansia yang mengaku bernama Sairoh.

Salah satu tokoh masyarakat, Azano Ranggito menjelaskan, kegiatan keramas massal ini merupakan peninggalan dari para sesepuh di wilayah sekitar sejak jaman dahulu. Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam rangka melestarikan budaya agar masyarakat terbiasa untuk membersihkan diri sebelum melaksanakan ibadah puasa.

“Sejak kecil kita memang sudah dilibatkan untuk mengikuti tradisi ini. Tapi ini bukan ritual, melainkan suka cita kami atas datangnya bulan suci ramadhan,” katanya.

“Air adalah sumber kehidupan, maka jangan membuang sampah atau limbah ke sungai. Mari sama-sama kita menjaga,” imbuhnya.

Diketahui, kegiatan tersebut turut dihadiri calon Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah dan Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Isyana Bagoes Oka.(HEL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.