KEGIATAN PEMUDIK: ASYIK BERKEBUN, BERSILATURAHMI MAKIN MANTAP


YOGYAKARTA,SATELITKOTA.COM – Tradisi menjelang lebaran Idul Fitri merupakan suatu kebahagian tersendiri bagi kabayakan masyarakat Indonesia yang merayakan untuk melakukan mudik alias pulang kampung untuk berkumpul bersama sanak saudara. Sudarmaji, pemudik dari Sepatan Timur, Kabupaten Tangerang misalnya, mengisi waktunya di Kampung Kintelan, Rt. 04 Rw. 45, Sumbermulyo, Kecamatan Bambang Lipuro, Kabupaten Bantul, Propinsi Yogyakarta.

Sudarmaji pulang kampung katanya akan melakukan beberapa pilihan kegiatan di kampung halamannya. Bagi Sudarmaji, pulang kampung adalah tidak sekadar buang waktu, tapi disela waktunya di kampung, dia melakukan kegiatan seperti membuat batu batako, dari pasir yang diperolehnya di Sungai Kode, dan membuat pupuk kompos. Pria ini kesehariannya di Kota bekerja sebagai guru disalah satu sekolah swasta di Kota Tangerang.

Kata Sudarmaji, selain kegiatan bersilaturahmi dengan keluarga, pasalnya dia juga berkebun dan juga memanfaatkan waktunya ini dia gunakan untuk mengurus kambing etawa super, serta ternak kelinci miliknya. “Waktu libur juga untuk berkunjung dan bersilaturahmi ke rumah sanak saudara terdekat,” ujarnya kepada wartawan Satelitkota.com (01/6).

Sudarmaji, memberikan tips bagi yang tidak mudik, atau tidak punya kampung halaman tidak ada salahnya buat mampir untuk jalan-jalan dan mencicipi jajanan yang disuguhkan di rumahnya. Menikmati jalanan Kota Yogyakarta yang asri dan sepi. Kalau biasanya di kota besar selalu ramai dengan kendaraan bermotor, ketika lebaran, suasana tersebut akan berubah secara drastis. Di jalanan tidak akan ada yang namanya macet atau bahkan polusi asap kendaraan bermotor.

Nah, katanya lagi, kesempatan ini bisa juga di manfaatkan untuk jalan-jalan keliling Kota Yogyakarta dengan sepeda. Tambah sehat, tambah semangat. Malahan nih katanya, kita mungkin bisa joget-joget di tengah jalan tanpa ada yang protes, imbuhnya.

Kapan lagi bisa meningmati jalanan sepi, jalan-jalan bareng keluarga. Menurutnya kesibukan di hari biasa terkadang bikin kita jarang jalan-jalan bareng keluarga. Nah, bagi Sudarmaji, kesempatan libur lebaran ini juga bisa dimanfaatkan untuk jalan-jalan bareng sama keluarga keliling Kota Yogyakarta, paparnya. (YOH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.