SENIMAN TRADISIONAL TANGSEL, GELAR SENI DI PKB

TANGERANG,SATELITKOTA.COMUntuk pertama kalinya, Senin 9 Juli 2018, kreasi seni tradisional Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tampil pada Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 di Taman Budaya Denpasar, Bali.

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kota Tangerang Selatan, Iis Nur Asih, menjelaskan bahwa kegiatan ini juga sebagai bagian dari program promosi budaya yang dimiliki oleh Kota Tangsel.

“Ini merupakan pertama kalinya kami ikut PKB dengan menampikkan kesenian tari kolaborasi dan lenong sebagai ajang promosi potensi seni dan budaya yang ada di Kota Tangerang Selatan,” kata Iis Nur Asih.

Beberapa jenis kreasi seni tradisional yang ditampilkan adalah Tari Anggrek Vanda Daugles yang merupakan ikon Kota Tanggerang, lenong dengan mengambil cerita tentang kehidupan keseharian masyarakat Kota Tangsel. Selain itu, pihaknya juga ada Tari Nandak Ganjen, yaitu tarian yang mengisahkan sekumpulan anak yang baru beranjak dewasa dengan tingkah laku centil, genit, dan kebebasan masa muda.

Atin Kisam, salah seorang Budayawan Kota Tangsel, mengatakan, penampilan kesenian tersebut sudah dikemas lebih singkat dibandingkan dengan penampilan sebenarnya. Ia juga berharap, dengan tampilnya kesenian khas Kota Tangsel tersebut bisa menghibur dan memberikan pesan moral dan bisa diterapkan pada masyarakat.

Untuk diketahui, PKB ke-40 di Taman Budaya Denpasar, Bali ini diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada 23 Juni, dan akan berakhir pada 21 Juli 2018 mendatang. Dalam ajang ini, selain menampilkan berbagai kesenian Bali dan daerah lainnya, juga terdapat kesenian-kensenan dari beberapa negara lain.

 

 

(HAT/lensapena.id)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.