ANANTA: KESENIAN CARA PALING EFEKTIF MELAWAN NARKOBA

 

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Kesenian merupakan cara paling efektif melawan penyalagunaan narkoba dan tawuran. Hal itu diungkapkan Ananta Wahana, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Provinsi Banten, saat acara Pentas Seni Jawa dalam rangka Baksos & Halal Bihalal Paguyuban Purworejo di Mardigres Citra Raya, Cikupa, Kabupaten Tangerang.

Ratusan perantau asal Purworejo menghadiri kegiatan tersebut bersama paguyuban perantau daerah lainnya yang kini tinggal di Kabupaten Tangerang,

Pada kesempatan itu, Ananta Wahana mengatakan, usai menyaksikan seni tari Ndolalak yang dilakukam generasi muda ini, dirinya yakin kebudayaan merupakan cara paling tepat dalam melawan narkoba, tawuran dan hal negatif lainnya yang kini menjadi permasalahaan generasi muda.

“Karena dalam seni ,generasi muda bukan hanya diajarkan gerak tari dan musik saja, namun juga diajarkan budi pekerti yang baik yang dikandung oleh setiap budaya,” katanya.

Kini sudah saatnya, lanjut Ananta, agar pemerintah membuka ruang bagi budaya dan tari asli Indonesia dengan menyediakan gedung budaya. Sehingga para seniman memiliki tempat untuk berlatih dan pentas yang di fasilitasi pemerintah.

“Sehingga kedepan, generasi muda tidak lagi terkenan demam budaya asing seperti budaya KPOP, Bollywood dan lain-lain. Justru generasi muda harus terkena demam budaya bangsa sendiri dan budaya nasional menjadi tuan rumah,” tuturnya.

Ia menambahkan, budaya nasional merupakan sesuatu yang sangat penting, sebab menurutnya, hal itu adalah jati diri bangsa. Sehingga diharapkan budaya nasional menjadi soko guru bagi pembangunan nasional.(HEL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.