BANTEN SIAP SAMBUT PAWAI OBOR ASIAN GAMES 2018

SERANG,SATELITKOTA.COM—Provinsi Banten mendapatkan bagian kunjungan dari Torch Relay atau Pawai Obor karena menjadi daerah venue untuk cabang olahraga Penthatlon pada Asian Games 2018.

Pawai Obor ini akan berlangsung besok, Kamis (9/8/2018). Momentum ini dimanfaatkan untuk  memperkenalkan dan mempromosikan pariwisata Banten, baik itu destinasi, kuliner ataupun sejarah, terlebih Banten memiliki branding 7 Wonders Of Banten.

Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten Eneng Nurcahyati mengungkapkan, rencananya kedatangan rombongan dari Pulau Sumatra di Dermaga 2, Pelabuhan Merak, pada Kamis 9 Agustus 2018 pukul 10.30 WIB, disambut dengan tarian selamat datang khas Banten.

“Selain itu, beberapa kesenian khas daerah lain dari kabupaten/kota di Banten yang dilintasi juga akan ikut menyemarakan kegiatan Pawai Obor tersebut.

“Karena ini momentum yang tepat untuk mempromosikan potensi daerah dimulai dari identitasnya, termasuk budaya dan seni yang dimiliki,”tutur Eneng, Rabu (8/8/2018).

Eneng menjelaskan, selain mempromosikan seni dan budaya khas Banten, Pawai Obor ini sekaligus dalam rangka mempromosikan destinasi wisata dan sejarah Banten kepada seluruh peserta yang ikut serta serta masyarakat yang turut menyaksikan Torch Relay.

“Karena ada beberapa titik-titik pemberhentian atau perlintasan yang memang merupakan destinasi wisata. Misalnya Danau Tasikardi, lalu melintasi Surosowan Banten dan tentu saja Museum Banten. Untuk itu, kami berharap masyarakat Banten tidak melewatkan kesempatan ini agar lebih mengenal daerahnya,” paparnya.

Kepala Bidang Aplikasi, Informasi dan Komunikasi Publik (AIKP) pada Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Provinsi Banten, Amal Herawan Budhi, menjelaskan, rute Perjalanan Torch Relay Asian Games 2018 akan dimulai dari Pelabuhan Merak hingga Museum Negeri Banten pada Kamis (9/8/2018) pukul 17:33 hingga pukul 21:50 WIB.

Terdapat lima titik seremoni beserta pihak yang bertanggung jawab terhadap kelangsungan kegiatan ini, yaitu di Pelabuhan Merak menuju Landmark Kota Cilegon yang; kedua di Rumah Dinas Walikota Cilegon hingga Perumahan BMW; ketiga perumahan BMW menuju Danau Tasikardi; keempat Danau Tasikardi menuju Stadion Maulana Yusuf, dan; terakhir di Stadion Maulana Yusuf menuju Museum Banten.

“Setelah bermalam di Museum Negeri Banten keesokan harinya Torch Relay akan berlanjut menuju Jawa Barat,” jelas Amal.

Amal menambahkan, kegiatan Torch Relay Asian Games 2018 yang berlangsung melewati Provinsi Banten akan didukung oleh sejumlah pihak, di antaranya FORKOMINDA Provinsi Banten, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten, dan Purna Paskibra Indonesia (PPI) Banten.

“Kegiatan ini telah kami sosialisasikan secara maksimal baik melalui media luar ruang maupun media massa. Tujuannya adalah agar semakin banyak masyarakat Banten maupun luar Banten yang tertarik untuk turut serta dalam Pawai Obor ini,” ujar Amal.[ARK]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.