POKDARWIS NGELANGGERAN MENGURANGI URBANISASI DI DAERAH GUNUNG KIDUL

Aris Budiono memakai kemeja hitam dan Rosidi ketua pokdarwis ngelanggran, sedang memberi arahan tentang wisata di ngelanggran bersama dengan para wisatawan
Aris Budiono memakai kemeja hitam dan Rosidi ketua pokdarwis ngelanggran, sedang memberi arahan tentang wisata di ngelanggran bersama dengan para wisatawan

YOGYAKARTA,SATELITKOTA.COM Sejak diresmikannya kelompok kerja sadar wisata di Desa Ngelanggeran, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta pada tahun 2008 hingga kini sudah banyak menyerap lapangan pekerjaan dan peluang usaha ekonomi kreatif bagi masyarakat setempat. Meurut Rosidi, Pokdarwis Ngelanggeran sebagai upaya untuk peningkatan potensi beragam agro wisata dan ekonomi di Ngelanggran.

“Kerjasama dan koordinasi antar masyarakat terus kami upayakan demi berjalannya program desa wisata di Ngelanggeran,” ujar ketua Pokdarwis kepada wartawan berita online SATELITKOTA.COM.

Katanya lagi, Pokdarwis Ngelanggeran  yang dimotori oleh karang taruna adalah sebuah kelompok yang menjadikan kelembagaanya menjadi forum rembug dan komunikasi masyarakat pariwisata Kawasan Gunung Api Purba yang berada di Desa Ngelanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul.  

Senada dengan Rosidi, Aris Budiono mengatakan, keberhasilan Pokdarwis tidak hanya mampu memperdayakan pemuda dan pemudi bahkan semua lapisan masyarakat dari orang tua (Pelaku seni dan budaya), petani, kaum perempuan dan ibu-ibu (pelaku pengelola home stay dan Home industry makanan khas) .

Masih menurut Aris, pemberdayaan masyarakat pariwisata yang menghasilkan terbentuknya Pokdarwis di kawasan Patuk ini selalu menjadi andalan dan berprestasi di tingkat nasional,  sebagai juara dua karang taruna dan kepemudaan. Selain itu juga, Pokdarwis mendapat  juara dua pengelolaan pariwisata pada tahun 2012 dan 2013.

“kami terus berusaha menjadikan pemuda yang mencintai kampug tercintanya. Dan menjadikan pariwisata ini menjadi sumber daya alam yang harus kita kelola sebagai mana mestinya dengan sebaik-baiknya. Keberhasilan kami adalah usaha bersama untuk mengurangi lonjakan urbanisasi masyarakat Gunung Kidul seperti pada tahun-tahun sebelumnya” tandasnya. (MED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.