WARGA INGINKAN WISATA SEJARAH JADI MUATAN LOKAL DI SEKOLAH

Tampak depan makam Keramat Asem, Syech Tubagus Zakira, di Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang
Tampak depan makam Keramat Asem, Syech Tubagus Zakira, di Kecamatan Batu Ceper, Kota Tangerang

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Makam keramat  Syekh Tubagus Zakaria atau Tumenggung Arya Santika, menjadi tempat wisata sejarah di Kota Tangerang. Makam keramat ini bayak dikunjungi masyarakat dari luar daerah, seperti jawa dan sumatera. Makam keramat ini menurut Ahmad Syaihu (40), sudah ada sejak ratusan tahun, berada di areal pemukiman padat penduduk, di Jalan Sempati RT 04/02 Kelurahan Batu Jaya, Batu Ceper, Kota Tangerang. Menurut Ahmad Syaihu, sebagai juru kunci makam, menuturkan, makam waliyullah usianya diduga sudah ratusan tahun dan cukup popular hingga keluar daerah. Tak jarang para wisatawan yang datang berzirah ini bisa behari-hari menginap di aula yang lokasinya dekat dengan makam.

“Ada yang semalam, tiga hari, sampai 42 malam mereka menginap disini dengan tujuan menenangkan diri,”ujarnya kepada wartawan berita online satelitkota.com.

Syaihu menuturkan, sayangnya Pemkot Tangerang sendiri kurang mensosialisasikan kepada masyarakat terkait tempat wisata sejarah ini. Padahal konon katanya menurut cerita sejarah Tubagus Zakaria atau Tumenggung Arya Santika ini adalah pendirinya Tangerang. Maka perlu sekali untuk diperkenalkan ke generasi muda, agar mengenal akar sejarah Tangerang.

“Kami sebagai masyarakat yang dipercayakan menjaga dan merawat makam ini sangat berharap agar disosialisasikan sebagai tempat wisata sejarah Tangerang. Agar generasi muda sejak usai sekolah sudah mengenal akar sejarah Tangerang.” tandasnya.

Syaihu berharap Pemkot Tangerang serius mensosialisasikan tempat wisata Makam Keramat Syekh Tubagus Zakaria supaya lebih banyak diketahui penduduk asli Tangerang. Dan menjadi mata pelajaran muatan lokal di sekolah-sekolah, negeri maupun swasta di Tangerang.

Untuk diketahui, ramainya wisatawan yang hendak berziarah biasa pada malam Jumat, dari bada Isya sampai dengan menjelang Subuh. (MED)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.