DPRD DAN OPD SE-KOTA TANGERANG BAHAS APBD TAHUN 2019

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – DPRD membahas Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019 dalam rapat dengar pendapat bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Wakil Ketua DPRD Kota Tangerang, Pontjo Prayogo menuturkan, rapat bersama OPD melalui komisi-komisi guna menyamakan persepsi dan mengetahui program kegiatan pembangunan di tahun 2019. Dengan demikian akan terukur sasaran ke depan sesuai dengan perencanaan yang telah dilakukan.

“Agar anggaran yang telah direncanakan dapat terserap maksimal untuk kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Kemudian selain program kegiatan yang terkait belanja pembangunan, DPRD juga mengundang OPD penghasil pendapatan daerah seperti Bapenda, DPKD guna mengetahui upaya mencapai target pendapatan yang telah ditetapkan.

Diketahui dalam nota pengantar APBD tahun 2019 yang disampaikan walikota beberapa waktu lalu memuat 11 prioritas pembangunan Kota Tangerang diantaranya, peningkatan pelayanan pendidikan dan kesehatan yang lengkap, berkualitas dan terjangkau, peningkatan sarana prasarana pengendali banjir yang layak dan memadai, pemberdayaan masyarakat miskin, pembukaan lapangan kerja, daya dukung lingkungan dan ekologis, tat kelola dan tata kerja birokrasi pemerintah daerah yang baik dan bersih dan lainnya.

Kondusivitas iklim investasi dan iklim usaha daerah,ketahanan pangan, ketentraman, ketertiban dan perlindungan masyarakat, pengetahuan dan kebudayaan, ekonomi kreatif, inovasi teknologi serta daya saing masyarakat dan pengelolaan energi.

Secara garis besar komposisi R-APBD  tahun 2019 terdiri dari pendapatan daerah yang dianggarkan sebesar Rp 3,77 triliun, Belanja daerah dianggarkan sebesar Rp 4,37 triliun. Defisit sebesar Rp 598,84 miliar yang ditutup dari pembiayaan netto yang berasal dari sisa lebih perhitungan anggaran 2018. (HEL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.