KPU SIAPKAN 35 TPS BERBASIS DPTB

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Bagi para pemilih yang memiliki┬ákesibukan di hari pencoblosan pada 17 April 2019 mendatang, atau hendak melancong jauh melalui Bandara Internasional Seokarno-Hatta, kini tak perlu khawatir untuk tetap dapat memberikan hak suaranya.

Sebab, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyediakan sebanyak 10 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada penyelenggaraan Pemilu 2019 di lokasi tersebut.

“Kami akan memfasilitasi calon pemilih yang menggunakan hak pilihnya melalui surat A5 dengan menyediakan TPS berbasis daftar pemilih tetap tambahan (DPTb),” ungkap Ahmad Syailendra, Ketua KPU Kota Tangerang, Senin (25/2/2019).

Berdasarkan catatan KPU, lanjut Indra sapaan akrabnya, terdapat 35 TPS berbasis DPTb di antaranya 10 TPS berada di Bandara Soekarno Hatta (Soetta) dan 25 TPS berada di sejumlah Lembaga Pemasyarakatan (Lapas).

“Nanti akan kita siapkan di hari pencoblosan demi melayani pemilih yang memiliki surat A5,” ujarnya.

Indra menjelaskan, TPS berbasis DPTb disediakan untuk calon pemilih yang mempunyai tugas atau kesibukan entah pekerjaan maupun dinas luar daerah di hari pencoblosan, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya dengan syarat A5.

Untuk memiliki kertas A5, kata Indra, para calon pemilih bisa melapor ke panitia pemungutan suara (PPS) di masing-masing kelurahannya atau mendatangi posko DPTb yang diadakan KPU.

Berdasarkan data posko DPTb, lanjut Indra, terdapat 1.020 calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di luar Kota Tangerang. Sementara calon pemilih yang akan menggunakan hak pilihnya di Kota Tangerang dari luar daerah berjumlah 841 calon pemilih.

Sedangkan jika dikalkulasi, tambahnya, calon pemilih di Kota Tangerang hingga kini berjumlah 1.000.194. 648 orang di 5.102 TPS yang ada. Namun angka ini masih dalam perencanaan.

“Paling banyak ada di Bandara (Soetta). Makanya kita akan buka TPS berbasis DPTb di sana,” terangnya. Melihat antusiasme calon pemilih itu, Indra optimis jika partisipasi pemilih dalam Pemilu 2019 mencapai target yakni 77,5 persen. “Insyaallah kami optimis bisa capai target,” imbuhnya. (HEL)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.