TOKO PANCING MENGGELIAT TUMBUH SUBUR DI SEKITARAN SITU CIPONDOH

Jpeg

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Melihat geliat jenis usaha perlengkapan memancing di kecamatan cipondoh cukup banyak. Ada sekitar delapan toko yang menjual perlengkapan mancing di sekitaran danau.

Nama-nama toko pancing diantaranya, Aries Aquarium, Rizki Pancing, Pemancingan Ikan Bawal Galatama Eretan, Melati Pancing, Barokah Aquarium, dan tiga toko lainnya tak memiliki nama tokonya. Itulah toko-toko yang menjual perlengkapan mancing.

Penelusuran Satelitkota.com.  melihat Situ Cipondoh sebagai magnet bagi mereka yang hobi memancing, memungkinkan banyak peluang-peluang usaha perlengkapan pancing disana.

Tak hanya itu, geliat bisnis lainnya pun ikut merangkak seperti rumah-rumah makan berkonsep kekinian yang menawarkan sebagai bagian wisata menjadi ikut bergairah juga.
Lihatlah setiap akhir pekan bahkan pada hari-hari biasa pun banyak masyarakat berbondong ke rawa cipondoh, dan kolam pemancingan disekitaran rawa untuk memancing (entah mereka hobi mancing atau tidak).

Salah satu yang kena imbas demam mancing, yakni toko Balong Pancing
Kita lihat dari sisi sederhana aja, pemancing minimal membutuhkan kail, senar dan joran. Belum lagi pakan atau umpan ikan yang beragam jenisnya dan masing dibandrol dengan harga yang beragam pula. Mulai dari harga aksesoris pancing dan umpan sangatlah variatif harganya.

Jimi, pemilik Balongan Pancing dalam sehari dia bisa meraih omzet penjualan 10 juta sehari untuk hari-hari sabtu dan minggu. Sedangkan untuk hari-hari biasa dia biasa mendapatkan omzet sekitar 5 jutaan, urainya.

Rijal Ridolloh, Kabid Pariwisata Kota Tangerang menuturkan, dibangunnya fasilitas dan infrastruktur yang lebih baik demi kenyamanan para wisatawan secara langsung dan tidak langsung bisa dipergunakan oleh penduduk lokal.

“Bagi misalnya yang hobi mancing ya silahkan tetap menjaga kelestarian alam dan jangan buang sampah sembarangan,” ujarnya kepada wartawan berita online satelitkota.com.

Tujuan akhirnya, kata Rizal yakni dengan meningkatkan sumber ekonomi masyarakat setempat. Salah satunya adalah terciptanya lapangan kerja untuk penduduk setempat. Selain itu, masyarakat masih bisa memperoleh pendapatan melalui pengeluaran oleh wisatawan misalnya cinderamata, makanan-minuman, penginapan, dan lainnya. Tapi, sayangnya Situ Cipondoh pengelolaannya belum menjadi kewenangan Dinas Pariwisata Kota Tangerang.

“Wisata Situ Cipondoh bagus! Meskipun secara aset belum kami yang  mengelola. Jadi intervensi kita terhadap pengembangan objek wisata Situ Cipondoh juga kurang,” pungkasnya. (MED)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.