MGMP BAHASA INDONESIA PROVINSI DKI JAKARTA, GELAR LOMBA KEBAHASAAN

JAKARTA,SATELITKOTA.COM -Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Indonesia SMP Provinsi DKI Jakarta menggelar lomba baca puisi, cipta cerpen, membaca puisi, debat berbahasa Indonesia, pidato berbahasa Indonesia dan membaca berita.

“Cabang yang dilombakan ada enam cabang. Cipta puisi, cipta cerpen, membaca puisi, debat berbahasa Indonesia, pidato berbahasa Indonesia dan membaca berita,” kata Pujianto dalam sambutannya selaku ketua pelaksana, Sabtu, (9/11/2019) di SMP Negeri 30 Jakarta Utara.

Kegiatan ini lanjutnya, dalam rangka memeriahkan peringatan bulan bahasa dengan mengangkat tema “Utamakan Bahasa Indonesia, Negara Kesatuan Republik Indonesia Akan Jaya”.

Dasar pelaksanaan kegiatan tersebut kata Prianto mengacu pada program kerja MGMP Bahasa dan Sastra Indonesia SMP Provinsi DKI Jakarta tahun 2019-2020.

“Tujuan lomba ini untuk menumbuh kembangkan  minat, bakat, kreativitas peserta didik untuk mencintai bahasa dan sastra Indonesia dalam rangka membangun jati diri bangsa yang kuat di tengah-tengah keragaman budaya. Menjalin tali silaturahmi antar pelajar, peserta didik se DKI Jakarta,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan, peserta yang mengikuti berjumlah 180 peserta juara 1,2, dan 3 dari 10 wilayah, 30 SMP Negeri dan Swasta masing-masing wilayah tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, yang diwakili oleh Kepala Seksi Kurikulum Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Saryono dalam sambutannya menuturkan, lomba-lomba ini kata Saryono tentu saja sangat memacu kreativitas peserta didik dalam bidang bahasa. Dan juga membentuk sikap yang peduli terhadap bahasa dan sastra Indonesia.

Katanya lagi, kegiatan ini sekaligus untuk pemberdayaan pemantapan MGMP. “Kita ingin melaksanakan kurikulum 2013 ini sekuat mungkin sesuai dengan amanat kurikulum tersebut sesuai dengan pembelajaran di kelas,” jelasnya. Lanjutnya dikatakan, kegiatan anak-anak ini sudah dimulai dari dua minggu yang lalu. Seperti misal di wilayah Jakarta Selatan kita adakan kegiatan khusus para guru dan kemudian hari ini (red: sabtu) khusus anak-anaknya.

Ia berharap semoga acara ini dapat terus dilaksanakan di tahun-tahun mendatang dan mendapatkan dukungan yang lebih dari pihak-pihak yang terkait. Kegiatan ini tentu saja selain sesuai dengan kurikulum 2013, juga sebagai wahana berlatih sebelum ajang lomba FLS2N.

“Kadang-kadang sekolah bapak dan ibu itu kesulitan mencari peserta FLS2N. Karena antara apa yang diberikan oleh guru dengan apa yang dibutuhkan di lapangan kadang berbeda,” ujarnya.

Lanjut ia, mudah-mudahan kegiatan ini semakin diperluas, lebih semarak, dan bisa lebih memberikan kesempatan kepada anak-anak untuk menunjukan kepada peserta didik agar dapat menghargai dan membanggakan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan nasional dan bahasa negara.

Diketahui, hasil para pemenang dari masing cabang lomba diantaranya lomba debat berbahasa Indonesia juara satu diraih oleh C. Graciamor peserta dari SMPN 49, juara dua oleh Devina Andani peserta dari SMPN 12, juara tiga oleh Anisa Audina peserta dari SMP 84. Sedangkan untuk juara harapan satu oleh S. Mardatilas peserta dari SMPN 244, harapan dua Ken Bima Satria peserta dari SMPN 193, harapan tiga Selisa Kristi peserta dari SMPN 177.

Cabang lomba cipta cerpen juara satu diraih oleh Namira Rachama peserta dari SMP IT Al Mughni, juara dua Raisha Ananda peserta dari SMPN 188, juara tiga Rahma Aulia peserta dari SMPN 287. Juara harapan satu Shielonka Balqis L. Peserta dari SMPN 63, harapan dua Anggreani Bifani peserta dari SMPN 31, harapan tiga Rheinanda F.D. peserta dari SMPN 182.

Cabang lomba membaca berita juara satu diraih oleh Alisha Defa Zafif peserta dari SMPN 236, juara dua Fadhilah Rizqi peserta dari SMP 125, juara tiga Ananda Syahra N. peserta dari SMPN 41. Juara harapan satu Gloria Kirana peserta dari SMP Santa Ursula, harapan dua Alanna Shira peserta dari SMP Lab School, harapan tiga Finkan Trisnawati peserta dari SMP PGRI 32.

Cabang lomba berpidato juara satu diraih oleh M. Ghifari peserta dari SMPN 212, juara dua M. Abyadh peserta dari SMPN 252, juara tiga Hasyim Sami Alatas peserta dari SMPN 77. Juara harapan satu A. Merion Elsabel peserta dari SMP Santa Ursula, harapan dua Hadijah Al Habsyi peserta dari SMP IT Arridho, harapan tiga Alya Nur Azmi peserta dari SMPN 85.

Cabang lomba cipta puisi juara satu diraih oleh Sabrina Nazwa Zuliza peserta dari SMPN 205, juara dua Ken Tamaya Salmendjani peserta dari SMPN 111, juara tiga Adzra Futhy F. peserta dari SMPN 30. Juara harapan satu Putri Buana peserta dari SMPN 134, harapan dua Hanna Fayza peserta dari SMPN 19, harapan tiga Syifa Aulia Wildaini peserta dari SMPN 153.

Cabang lomba baca puisi juara satu diraih oleh Fitri Rizqy HS peserta dari SMPN 73, juara dua Jelita Zahara A. peserta dari SMPN 49, juara tiga Samatahu Z.A.C. Hulu peserta dari SMPN 262. Juara harapan satu Zachra Putri Nurdhany peserta dari SMPN 216, harapan dua Siti Nawang Asih peserta dari SMPN 60, harapan tiga Af Aliah Rahman S. peserta dari SMPN 102. (MED)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.