informasi sekitar kita

PEMBINA EKSKUL SMKN 3 KOTA TANGERANG RAPAT KOORDINASI SITUASI PANDEMI

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Dalam rangka menyatukan persepsi para pembina ekstrakurikuler serta menyatukan visi dan misi kegiatan yang akan dilaksanakan oleh masing masing pembina ekstrakulikuler maka diadakan rapat koordinasi para pembina ekskul. Rapat dihadiri oleh Pembina OSIS dan seluruh para pembina ekstrakurikuler dari ekskul wajib hingga ekstra pilihan. Rapat koornidasi langsung dipimpin oleh Kepala SMKN 3 Kota Tangerang.

Menurut Endah, kegiatan ekstrakurikuler merupakan instrumen yang menunjang proses pendidikan dan pengajaran di SMKN 3 Kota Tangerang, sebagai sarana untuk aktualisasi diri, dan menumbuhkembangkan bakat, minat dan potensi siswa. Namun dalam masa pandemi Virus Corona yang belum mereda hingga kini, kegiatan tersebut tidak dapat berjalan normal sebagaimana sebelumnya.

“Situasi pandemi Virus Corona yang belum mereda hingga kini, maka kegiatan tersebut harus lebih diarahkan ke hal-hal yang bersifat soft skill, melalui aplikasi pembelajaran sekolah seperti google classroom, dan lainnya. Dikarenakan kegiatan ekskul belum dapat berjalan normal sebagaimana sebelumnya kegiatan dilaksanakan pada penerapan hard skill yang seharusnya,” ujar Kepala SMKN 3, Endah Resmiati kepada satelitkota.com. (12/8/2021)

Pasalnya, kondisi tersebut harus disikapi. Kegiatan ekstrakurikuler harus melakukan inovasi dan menyesuaikan kondisi yang ada.  “Kita harus selalu melakukan inovasi. Kondisi pandemi menjadi tantangan dan peluang, silakan masing-masing pembina membuat inovasi,”pintanya.

Dalam arahannya, kepala sekolah juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pembina yang sudah melaksanakan tugasnya dengan baik. Berbagai prestasi telah begitu banyak diperoleh selama tahun ajaran 2020 – 2021. Ekstrakurikuler adalah salah satu bentuk upaya mencapai cita-cita pendidikan nasional yaitu dengan menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah. Kegiatan ekstrakurikuler atau ekskul adalah kegiatan tambahan yang dilakukan di luar jam pelajaran yang dilakukan baik di sekolah atau di luar sekolah dengan tujuan untuk mendapatkan tambahan pengetahuan, keterampilan dan wawasan serta membantu membentuk karakter peserta didik sesuai dengan minat dan bakat masing-masing, paparnya.

“Rapat koordinasi ini bertujuan untuk meningkatkan pola pembinaan yang lebih terarah lagi di massa pandemi dan terprogram untuk terus meningkatkan prestasinya dibidang masing-masing ekstrakurikuler,” singkatnya.

Lanjut Endah, fungsi kegiatan ekstrakurikuler adalah untuk mengembangkan kemampuan potensi dan rasa tanggung jawab memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk memperluas pengalaman sosial dalam kesiapan karir peserta didik melalui pengembangan kapasitas.

“Empat fungsi kegiatan ekstrakurikuler pada satuan pendidikan, diantaranya yaitu: pengembangan, sosial, rekreatif, dan persiapan karir,” terangnya.

Pantauan satelitkota.com pada pertemuan secara  daring, meskipun rapat koordinasi dengan para pembina ekskul ini dilakukan  secara virtual, namun kegiatan berlangsung khidmat. Banyak gagasan dan ide dituangkan dalam pertemuan yang berlangsung mulai pukul, 15.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Untuk diketahui, kegiatan ini diikuti sebanyak dua puluh empat (24) Pembina Ekskul; Pramuka Putri, Pramuka Putra, English Club, Jurnalistik, Basket, Paskibra, Paduan Suara, OPS, PMR, Marching Band, IT Club, Lingkungan Hidup, Band, Bola Voli, Rohis,  Futsal, Taekwondo, Pencak Silat, Tari Tradisional, Modeling, Gamelan, Teater, Modern Dance,dan  Rampak Bedug. (MED)

Loading