informasi sekitar kita

Festival Krakatau ke-31 Tahun 2022 Tangguh Berjaya

BANDARLAMPUNG,SATELITKOTA.COM – Festival Krakatau merupakan wadah apresiasi dan kreativitas bagi para seniman, budayawan dan masyarakat Lampung serta dorongan untuk memperingati letusan Gunung Krakatau pada tahun 1883.

Sejak pertama kali dilaksanakan pada tahun 1990, Festival Krakatau memiliki 3 rangkaian kegiatan utama , yaitu: edukasi tentang sejarah Gunung Krakatau, pagelaran seni budaya dan parade budaya.

Tema Festival Krakatau 2022 adalah Tangguh Berjaya. Implikasi luas dari tema ini adalah setelah mengalami masa pandemi yang berlangsung sekitar dua tahun, masyarakat Lampung telah menunjukkan resiliensi dengan berpikir konstruktif untuk menerima pandemi dan move on melakukan aktivitas yang terukur. Hal ini membutuhkan kebijakan sikap dan tindakan untuk terus menuju tujuan menciptakan pariwisata yang sukses.

Dalam acara yang ke-31 tahun ini, Festival Krakatau masuk dalam Kalender Pariwisata Nasional 110 dari Acara Kharisma Nusantara 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Ekonomi Kreatif Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno akan menghadiri acara ini.

Festival Krakatau tahun ini terdiri dari mata rantai utama (penuh dengan berbagai kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah dan masyarakat setempat), yaitu:

1. Road to Festival Krakatau, dengan berbagai rangkaian acara: Mabar Offroader se- Nusantara (Pesawaran, 18 Maret 2022, Breakfast Festival (Taman Gajah, 28 Mei – 5 Juni), Krakatau Beach Run (Pantai Mandiri Krui Pesisir Barat, ) Juni 2022, Festival Kayarasa (Taman Gajah, 23 Juli – 4 Agustus , 2022).

2. Supporting Event, dengan rangkaian event : Pemilihan Muli Mekhanai Lampung (28 Juli – 4 Agustus 2022) 

3. Acara, dengan rangkaian acara: Krakatau Food Festival (Taman Gajah), 26 Agustus – September 2022) pembukaan setiap hari mulai pukul 15.00 hingga 22.00 WIB, diikuti oleh 43 tenant terpilih dari 78 tenant teratas Breakfast and Festival Kayarasa. Perjalanan Kenalan ke Lampung (Tempat Wisata di Lampung, 26 – 29 Agustus 2022). Pada acara utama lainnya adalah pertunjukan memukau Krakatau dari seni dan budaya yang berkilauan di Grand Pavilion Bakauheni Executive Terminal. Krakatau Tour dan Vibrant Krakatau Culture berlangsung di atas Kapal Wisata Laut Gunung Anak Krakatau (Sabtu, 27 Agustus 2022).

4. Setelah acara, dengan rangkaian acara: acara di tempat wisata di provinsi lampung, acara keliling di tempat wisata di provinsi lampung.

Rangkaian kegiatan utama Festival Krakatau tahun ini adalah Krakatau Tour yang akan menghadirkan 100 peserta dari tenaga medis (bonus trip saat menghadapi Covid-19), peserta dari Lampung Get to Know Trip 2022 (influencer, vlogger, blogger, travel agent sampai dengan 30 orang dari Lampung dan luar Lampung), 20 peserta dari media online, Menteri Pariwisata, Forkopimda, Pemerintah Provinsi Lampung dan tamu dari kabupaten/kota di Provinsi Lampung.

Pelaksanaan acara offline dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Disiarkan melalui media sosial Youtube Live di akun: Pariwisata Lampung dan Pemprov Lampung, dan Instagram: tourism_Lampung. (RL/MED).

Loading