informasi sekitar kita

Korwil Pendidikan Kecamatan Pinang, Yusuf, S.Pd. MM

Korwil Pendidikan SD Kecamatan Pinang Terus Genjot Pengimbasan Sekolah Penggerak

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – Korwil Pendidikan SD Kecamatan Pinang, Kota Tangerang telah mengadakan sosialisasi dan pembekalan bagi sekolah terkait rencana penerapan kurikulum Merdeka Belajar.  Menurut Yusuf, S.Pd. MM sosialisasi dan pembekalan ini dilakukan tentu agar semua bisa saling mengimbaskan.  Ada pun pembekalan itu sendiri dari BPMP dengan  melibatkan sekolah penggerak angkatan 1 yaitu SDN Bojong 2 dan guru-guru penggerak angkatan pertama.

Pasalnya, selain melibatkan sekolah penggerak para guru-guru juga pengawas. Sedangkan untuk sekolah yang sudah menjadi sekolah penggerak, yakni berjumlah empat sekolah, lima dengan yang angkatan satu SDN Bojong 2. Empat di antaranya: SDS Cikal Cendekia, SDS Alam, SDS Markus. Empat sekolah ini masuk pada angkatan dua.

“Mereka semuanya kita libatkan untuk pengimbasan pada sekolah lain. Di samping SDN Bojong 2, yang angkatan pertama juga SDS angkatan kedua seprti Cikal Cendekia, kemudian SDS Alam, dan SDS Markus,” ujar Yusuf kepada Satelitkota.com. (26/6/2023).

Lanjutnya, di Korwil Pinang ada sembilan orang guru penggerak untuk angkatan 5 Kemendikbud, untuk Kota Tangrang menjadi angkatan 1. Kemudian di antara mereka ada 3 orang yang diangkat kepala sekolah.

Sejalan dengan itu pendampingan dan pembinaan terus dilakukan oleh pengawas, terkait di antaranya IKM, lapor pendidikan terkait capain literasi dan numerasi. Hal yang lain lagi soal keberhasilan sekolah, dan tantangan sekolah itu penting karena dimuat dalam rapor pendidikan. Dalam rapor pendidikan intinya ada tiga: pertama identifikasi, kedua refleksi, yang ketiga benahi.

“Identifikasi itu ada pengumpulan data, pengumpulan data mulai dari guru, murid siswa, sarana prasarana, dan lainnya di dalam delapan standar isi. Refleksi itu misal ada siswa yang melakukan perundungan dan  diklasifikasikan refleksikan dari refleksi tindakannya seperti apa, kemudian benahi mencari solusinya bagaimana, dan seperti apa” pungkasnya. (MED)

Loading