informasi sekitar kita

“SEKAR GELO” HIBUR WARGA DENGAN ATRAKSI SENI

KOTA TANGERANG, SATELITKOTA – Perayaan milad pertama, Sanggar Sekar Gelo (Seni Karinding Gentra Lodaya) yang beralamat di Kampung Rawacana Rt.02. Rw.03, Kecamatan Jatiuwung, Kota Tangerang. Acara ini berlangsung meriah dihibur oleh pentas seni wayang golek, bersama Dalang Cilik, Degung Instrument, Silat Cimande, Qosidah Nurussa’adah, Marawis Al-Aqsa, The EMBER, The Cver, BAKKAR, BAKULS, Tari Gentra Lodaya, dan dihadiri juga oleh para sesepuh kampung, pegawai kecamatan, Kader PKK, seniman, budayawan dan Kabid Kebudayaan Kota Tangerang, Nurulhuda.

Sekitar 500 penggiat seni dan seniman hadir mewakili komunitas atau sanggar masing-masing. Kehadiran para komunitas seni menurut Kiwong, selaku ketua pelaksana Sanggar Sekar gelo, merupakan bentuk apresiasi dan bentuk sikap gotong royong antar pelaku seni, yang kebanyakan anak muda, juga orang tua.

Milad yang bertajuk “melestarikan kesenian tradisional dan membangun karakter pemuda Nusantara” tersebut Kiwong mengatakan, “Kita bangun seni tradisi di Kampung Rawacana, mengajak masyarakat sekitar untuk lebih maju dalam menyongsong pembangunan di lingkungan,” ujar Kiwong kepada wartawan berita online SATELITKOTA.COM, Sabtu, 24 Desmber 2016.

Acara ini digagas sebagai ajang silaturahmi antara seniman dan pencinta seni dari masing-masing komunitas atau sanggar. “Selama ini kan kita seringnya melalui dunia maya saja, jadi jadi acara ini sekalian ajang pertemuan sesame pelaku seni supaya lebih tambah kekeluargaanya,” katanya.

Untuk diketahui Sanggar Sekar Gelo dibentuk mulai 24 Desember 2015 lalu. Sanggar ini dibentuk untuk melestarikan seni Karinding kesenian tradisional  khas Sunda, dan kegiatan social lainnya. (MED)

Loading