informasi sekitar kita

PADI PLUS LEBIH TAHAN TERHADAP HAMA SUNDEP

JAKARTA,SATELITKOTA.COM – Bayer Padi Plus merupakan sistem tanam benih yang terintegrasi mulai dari persiapan benih, cara penanaman benih hingga perawatan tanaman dari gulma dan hama penyakit. Terdapat beberapa keuntungan dalam melakukan penanaman benih menggunakan Baye Padi Plus yaitu benih dapat melekat sempurna pada permukaan lumpur, hal ini dapat mengurangi kemungkinan benih terbawa arus hujan, apabila hujan turun setelah penyebaran benih dilakukan. Sehingga potensi kerugian petani akibat kehilangan benih pada saat hujan dapat dikurangi.

Sistem Bayer Padi Plus sangat terkenal karena hematnya penggunaan air, petani tidak perlu takut lagi dengan curah hujan yang berkurang pada saat penanaman, karena benih baru yang disebar tidak perlu diairi, Hal ini terjadi karena dengan bibit yang ditanam dengan praktik Bayer Padi Plus memiliki akar tanam yang lebih panjang.

Dalam hal pengendalian hama penyakit (PHT), sistem Bayer Padi Plus sangat sesuai dengan program PHT karena memungkinkan menanam serempak, dan penanaman dengan sistem Bayer Padi Plus sangat terkenal lebih tahan terhadap hama sundep dibandingkan dengan padi yang ditanam dengan sistem tanam pindah.

Laksmi Prasvita, Head of Communications and Public Affairs Bayer Indonesia menekankan, salah satu tantangan terbesar pertanian di Indonesia adalah adanya kepastian pasar. Karena itu, pihaknya mmengembangkan sistem pola kemitraan yang tidak hanya menguntungkan para petani berskala besar namun juga membantu para petani kecil dalam meningkatkan taraf hidupnya juga komunitas di mana mereka tinggal. “Pola ini telah kami lakukan sejak tahun 2013 di beberapa tempat di Indonesia dan Kemitraan Bayer Divisi Crop Science bersama petani dan mitra  tersebut telah berhasil meningkatkan hasil panen hingga 17% dan meningkatkan pendapatan petani hingga 30%. Terhitung sejak dimulainya program ini, pendapatan petani binaan telah meningkat minimum hingga 20% per hektar,” imbuh Laksmi.

Nah , guna memberikan kepastian pasar yang menguntungkan, Bayer Divisi Crop Science menggandeng perusahaan makanan dan mitra terkait untuk membeli hasil panen dengan harga yang menguntungkan. BayerDivisi Crop Science memastikan bahwa kemitraan lintas sektor ini akan terus direplikasi hingga menjangkau lebih banyak lagi petani dan area.[ARK]

Loading