informasi sekitar kita

ADAKAN KEGIATAN SHARING PRAKTIK BAIK SMK PK

TANGERANG,SATELITKOTA.COM – SMKN 3 Kota Tagerang mengadakan kegiatan Sharing Praktik Baik SMK PK merupakan salah satu program prioritas dari Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Pendidikan Vokasi) Kemendikbud. Menurut Apud SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) ini  adalah upaya pengembangan SMK dengan program keahlian tertentu agar mengalami peningkatan kualitas dan kinerja. Salah satunya yakni dengan menginformasikan apa-apa saja sih yang terbaik kemudian kita informasikan lalu imbaskan. 

“Imbaskan dalam arti kata, mudah-mudahan ini bisa menjadi inspirasi atau justru bisa berkolaborasi atau pada akhirnya adalah bisa saling meningkatkan dan mnguatkan satu sama lain,” ujarnya.

Pasalnya, SMKN 3 Kota Tangerang menjadi salah satu SMK yang terpilih dalam Program SMK PK.  Karena itu kita juga mengundang SMK dan SMP yang ada di Kota Tangerang, kenapa mengundang SMP dan SMK terkait. Tentu hanya SMK-SMK yang memiliki jurusan. Mengundang SMK karena ibaratnya bisa mengisnpirasi siswa-siswi  SMP untuk datang ke SMK itu sebagai fashion mereka, bukan pilihan ke dua.

“Untuk kali ini jurusan yang di fokuskan untuk SMK PK ini adalah jurusan tata boga. Tujuannya antara lain menjadi SMK rujukan dan pusat peningkatan kualitas dan kinerja SMK lainnya. Kenapa demikian karena jurusan tersebut sudah memiliki kriteria yang menjadi prasyarat SMK PK, dan pula karena Program SMK PK ini merupakan lanjutan dari ingin menunjukan apa sih yang sudah kita lakukan dari semua rangkaian kegiatan sejak bulan Juli hingga bulan Desember,” kata koordinator acara kepada satelitkota.com. (14/12/2021) .

Lanjutnya, sharing topik baik ini untuk kali pertama rangkaian kegiatan terakhir dari SMK PK,  pusat keunggulan kompetensi yang diunggulkan adalah tata boga, jadi produk yang kita unggulkan saat ini ada beberapa makanan yang kita produksi kembang goyang, bolu-bolu batik, aneka jajanan pasar itu semua dikemas dan dijadikan souvenir bagi para undangan. Inoasi mulai dari farain rasa kedua ini soal kemasan. Kita kemasannya lebih milineal supaya orang yang membeli bisa mendapatkan sesuatu lalu bisa diekspos ke medsos.  Kita munculkan satu tema kewirausahaan atau  satu tema kearifaan lokal dengan begitu mereka akan terinspirasi. Program SMK Pusat Keunggulan bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang terserap di dunia kerja atau menjadi wirausaha dan terampil dibidangnya.

“SMK Pusat Keunggulan merupakan terobosan komprehensif yang ditujukan untuk menjawab tantangan dalam rangka pembenahan kondisi SMK saat ini, agar semakin sejalan dengan kebutuhan dunia kerja,” terangnya.

Pantauan satelitkota.com rangkaian acara pembukaan kegiatan berlangsung dengan lancar, hikmat dan tentu saja aman, semua undangan tetap memapatuhi protokol kesehatan. Para undangan mulai dari industri serta UMKM.  

“Dari industri hari ini yang hadir lumayan banyak dari masing-masing jurusan itu satu. Seperti  dari perhotelan, kecantikan dan tata boga,” tegasnya.

Diketahui dalam kegiatan tersebut juga dihadiri perwakilan kementerian, Dinas Pendidikan yang diwakilkan oleh Kabid Penidikan , dan unsur KCD SMK, Industri, dan Asosiasi Chef. (MED)

Loading